Skip to main content

Renovasi Rumah Minimalis: Tips dan Trik

Anda yang akan melakukan renovasi untuk rumah minimalis memang harus ada strategi akan anggaran yang dipersiapkan cukup dan tidak pula over budget. Renovasi rumah minimalis ini hampir sama dengan jenis bentuk rumah lainnya persiapan yang matang terutama pengetahuan yang harus cukup memadai untuk melaksanakan anggaran yang telah dipersiapkan memang sudah sesuai dengan kebutuhan untuk melakukan renovasi rumah. Dasar-dasar pengetahuan ini akan kami tuangkan dalam sedikit tulisan yang bisa menjadikan sebuah ilmu yang bermanfaat sehingga pertanyaan terjawab dengan sempurna.


Poto oleh: 360dis.com

1. Perhitungan Priotitas Paling Diutamakan.
Semua kalkulasi anda dalam perhitungan untuk renovasi rumah minimalis ini sudah tertuang dalam gambar rumah yang sudah dilakukan desain oleh arsitek. Pola kerja harus sesuai dengan platform ini agar kerja lebih terarah dan jelas. Anda sebagai pemilik properti harus tegas kepada tenaga kerja di lapangan agar kerja yang telah dirancang ini dilakasanakan dengan baik karena sudah termasuk dalam hitungan anggaran yang telah anda siapkan. Jika anda terlalu larut dalam sebuah rekomendasi dari tenaga di lapangan bisa-bisa anggaran renovasi rumah minimalis ini bisa over budget. Biasanya ada masukan untuk mengganti desain tertentu lebih baik menggunakan cara seperti ini, begini, dan begitu. Sebaiknya dihindari karena skala prioritas harus diutamakan.

2. Tidak Selalu Membeli Barang Baru.
Untuk bahan tertentu anda bisa membeli barang bekas. Tidak semua barang bekas buruk bahkan kualitasnya bisa melebihi barang baru. Seperti kusen pintu dan jendela untuk kayu di rumah jaman dulu sangat direkomendasikan karena material kayunya sangat bermutu tinggi bahkan untuk kekuatannya bisa dikatakan masih lebih tinggi dari kayu yang ada sekarang ini. Hanya perlu sedikit kreatifitas untuk mepoles, mengikir, atau bahkan dilakukan pengecatan baru agar kelihatan lebih bagus dan menarik. Mungkin barang dari rumah anda masih ada yang bisa dimanfaatkan seperti lantai rumah, atau lainnya bisa dimanfaatkan ke bagian lain untuk menghemat biaya dan bisa menyelematkan anda dari over budget.

3. Setiap Tukang Bergerak Progress Hitungannya Uang.
Setiap progress yang telah selesai merupakan uang yang telah anda belanjakan untuk membayar seluruh aktifitas renovasi rumah minimalis. Setiap ruangan yang memiliki desain renonasi harus anda cek satu per satu agar sesuai dengan accrual dan hasil di lapangan. Perhitungan ini biasanya terdapat dalam hitungan angka di anggaran sehingga seluruh komponen pengeluaran bisa anda kurangi dari estimasi yang telah anda tuangan dalam laporan tersebut. Jika anda sangat teliti dan disiplin untuk melaksanakannya biaya hemat untuk renovasi bisa anda raih.

Sebagai pengalaman di lapangan, selama melakukan renovasi biaya yang anda keluarkan dicatat dimulai dari pekerjaan awal hingga proses penyelesaian dan retensi bangunan. Komponen yang termasuk dalam hitungan biaya adalah seluruh aktifitas dimulai dari pembongkaran, pengakutan material, transportasi, pembangunan infrastruktur tambahan rumah, pengecoran, interior dan eksterior, sampai rumah tersaji lengkap selesai maka inilah biaya yang telah anda keluarkan selama projek ini. Termasuk biaya lain yang mengantarkan anda ke lokasi dan biaya percakapan komunikasi juga harus dihitung. Pengeluaran yang berhubungan dengan pekerjaan renovasi rumah harus faktual agar bisa terakomodasi dengan budget dan realisasi di lapangan.

4. Cermati Serta Teliti Komponen RAB.
Jika anda ingin membuat RAB sekarang ini sudah tersedia buku panduan yang sudah ada tersedia di toko buku. Memang panduan ini isyaratkan untuk meneliti kelayakan, jika anda ingin mendapatkan hal yang lebih intinya langsung berkonsultasi kepada rekan, teman, ataupun anda langsung ke konsultan untuk memastikan RAB yang anda buat sesuai atau layak untuk sebuah renovasi rumah minimalis. RAB ini berhubungan seluruh biaya yang akan anda keluarkan berikut dengan hitungan komponen biaya yang akan dibelanjakan untuk melakukan renovasi. Termasuk adanya galian yang harus dilakukan pengecoran hitungannya dalam kubik dan nilai uang setiap kubik ini berpengaruh tergantung dari dalam dan tingginya bangunan.

5. Manfaatkan Networking.
Jika anda memiliki networking apapun bentuknya seperti toko bangunan yang bisa melakukan kredit dalam waktu tertentu untuk membantu anda menyediakan segala kebutuhan renovasi rumah minimalis sangat direkomendasikan. Apabila toko material sudah mengenal anda sangat baik bisa memanfaatkan dan mereka mau memberikan kelonggaran untuk termin pembayaran. Biasanya toko material ini mau diajak kerjasama karena anda termasuk pelanggan yang pasti akan membeli bahan-bahan bangunan yang tersedia di toko mereka.

6. Waspada Oknum Kontraktor Lebih Baik Gunakan Tukang Sendiri.
Memang pada saat sekarang ini kewaspadan selalu dan harus dilakukan. Termasuk dalam menentukan kontraktor yang akan bekerja mengerjakan renovasi rumah minimalis. Jika seadainya anda merasakan tingkat kejujuran tinggi tentu harus dilihat dari track record dan rekomendasi dari beberapa kolega, teman, ataupun dari pihak lain. Memang dari segi harga akan sedikit lebih karena mereka akan melakukan pekerjaan lebih profesional. Apabila anda merasa tidak mendapatkan hal tersebut anda bisa menggunakan jasa tukang yang telah lama bekerja dengan anda untuk menyelesaikan semua renovasi rumah. Pertimbangan inilah yang harus anda cermati agar RAB yang dipersiapkan tersebut benar-benar sesuai dengan keinginan dan rumah minimalis yang telah di renovasi nyata dan cocok dengan keinginan.

7. Waspada Budget Tidak Terduga.
Dengan berjalannya waktu melakukan renovasi rumah mungkin ada celetukan atau rekomendasi yang membuat pilihan dalam perencanan bisa berubah seperti anda memilih bahan tertentu tetapi kenyataannya tidak sesuai dengan RAB. Jangan sampai terjadi hal seperti ini karena akan memberikan nilai yang berlebih sehingga RAB anda tidak sesuai dengan kenyataan. Anda harus menjaga agar biaya yang dipersiapkan ini memang kapasitas untuk renovasi rumah minimalis bukan bentuk rumah yang maksimalis. Poin harus diperhatikan agar uang tambahan yang tidak perlu harus anda siapkan.

8. Waspadai Kenaikan Harga.
Pada saat anda membuat RAB untuk renovasi rumah minimalis harus memperhatikan kenaikan harga material. Biasanya kenaikan ini dimulai dari besi dan bahan penting lainnya. Anda harus waspada jika kenaikan harga ini sudah hampir keseluruhan material yang anda butuhkan untuk renovasi maka anda harus menyiapkan dana cadangan jaga-jaga agat projek ini tetap terlakasa.

Semoga tulisan renovasi rumah minimalis dalam sebuah strategi tips dan trik yang harus anda lakukan jika saatnya dilakukan projek ini untuk mempertinggi nilai aset properti anda sehingga anda sudah mengetahui informasi ini supaya ada gambaran awal jika terlaksana renovasi. Memang kelihatannya mudah tetapi aplikasinya harus adan pengetahuan yang cukup memadai agar tidak terjebak dengan beberapa faktor lingkungan yang merugikan pemilik properti. Semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Dibalik Hitungan Upah Tukang Cat Rumah Tinggal

Mungkin anda ingin mengetahui bagaimana cara hitung tukang yang akan melakukan cat rumah termasuk untuk tujuan interior dan eksterior. Harga upah untuk jasa mereka melakukan pengecatan per meter persegi dengan skala borongan terbaru untuk tahun 2018 dan 2019 ini tidak terlalu banyak perubahan. Persentase kenaikan hanya 10% saja per tahun sehingga tulisan ini bisa anda jadikan sebagai rekomendasi sebelum melakukan negosiasi harga kepada tukang yang akan bekerja dengan anda.

Rumah Kayu: Contoh Pilihan Minimalis Sederhana Modern Mungil Cantik

Pilihan rumah kayu tentu sebagian orang melihatnya sangat sulit terwujud karena harga kayu pada saat sekarang ini tentu sangat mahal sekali. Tetapi tidak menutup kemungkinan anda nantinya akan memiliki rumah kayu dengan beberapa pilihan yang sangat sederhana dengan bentuk design modern yang cantik dan mungil. Beberapa pilihan lokasi tempat membangun untuk rumah kayu harus disesuaikan dengan iklim dan cuaca karena akan berhubungan dengan kekuatan kayu serta adanya beberapa perlakuan khusus yang harus anda lakukan sebelum menentukan pilihan untuk memiliki rumah kayu.

Rekomendasi Contoh Bangun Rumah Indah Mewah Di Kampung Halaman

Mungkin anda mempunyai sejumlah uang yang sangat lebih dari cukup coba membangun rumah di kampung halaman butuh contoh desain minimalis dimulai dari kecil, menengah, hingga besar dengan mewah. Sebenarnya pembangunan rumah di kampung bisa relatif besar karena harga tanah masih milik sendiri jika dibeli harganya juga tidak terlalu mahal seperti di pusat kota besar tentu sangat berbeda jauh. Dengan semangat anda untuk mengumpul uang membangun sebuah tempat tinggal di kampung halaman selama anda melakukan pensiun nantinya atau mungkin sebagai aset yang akan diperuntukan masa tua nanti butuh sebuah ide minimalis, modern, hingga berbeda dengan yang lain. Beberapa pilihan rekomendasi yang ingin anda inginkan ada di tulisan ini sehingga anda bisa terinspirasi rumah seperti inilah nanti akan dibangun. Latar Belakang Mendirikan Rumah Kampung Halaman. Dengan suasana yang masih sangat alami jauh dari keributan kota besar sangat tepat membangun sebuah rumah yang bisa anda nikmati sebagai tem