Skip to main content

Dibalik Hitungan Upah Tukang Cat Rumah Tinggal

Mungkin anda ingin mengetahui bagaimana cara hitung tukang yang akan melakukan cat rumah termasuk untuk tujuan interior dan eksterior. Harga upah untuk jasa mereka melakukan pengecatan per meter persegi dengan skala borongan terbaru untuk tahun 2018 dan 2019 ini tidak terlalu banyak perubahan. Persentase kenaikan hanya 10% saja per tahun sehingga tulisan ini bisa anda jadikan sebagai rekomendasi sebelum melakukan negosiasi harga kepada tukang yang akan bekerja dengan anda.

Poto oleh: colourmagicusa.com

Sekilas Informasi Cat.
Cat merupakan sebuah media yang melapisi dinding atau objek lain untuk mempercantik bahkan memperindah rumah secara estetika penglihatan. Untuk interior mempertinggi keindahan fungsi ruangan menjadi lebih baik sedangkan untuk eksterior memperindah rumah dan melindungi bagian objek dari udara, air, dan sinar matahari. Dengan berkembangnya teknologi yang memutakhirkan kondisi cat tidak hanya untuk mempercantik dan memperindah tetapi sekarang sudah berubah menjadi sebuah cara untuk melindungi properti anda menjadi lebih tinggi sehingga jika ada keinginan untuk menjual harganya tidak terlalu jatuh.

Cat yang ada dipasaran mempunyai jenis dan peruntukannya seperti untuk tembok rumah hingga untuk objek yang berbahan kayu ataupun besi. Setiap objek memiliki spesifikasi merek dan warna yang akan dipilih, sebagai pemilik rumah anda harus menyesuaikan dengan keinginan dan harga dari cat yang akan menjadi pilihan.

Jasa Tukang Cat Rumah Per Meter Persegi.
Hitungan jasa tukang cat rumah yang akan anda panggil untuk membantu anda melakukan perombakan warna ini memang ditujukan untuk memberikan rasa  nyaman untuk tinggal di dalam rumah. Efek kenyamanan inilah uang harus anda peroleh dari hasil kerja seorang tukang cat. Pada saat sekarang ini pekerjaan yang dilakukan banyak menggunakan hitungan borongan sehingga waktu dan kegiatannya bisa disesuaikan dengan keinginan dari tukang cat rumah.

Masalah gaji atau upah dari borongan ini berdasarkan harga pasar dan sudah menjadi standar untuk seorang tukang cat, harga borongan ini juga menjadi dasar untuk tahun 2018 dn 2019. Kalau naik sekitar 10%-15% saja.

ILUSTRASI MATEMATIKA:
Parameter menjadi hitungan dasar adalah jika anda ingin melakukan pengecatan cat tembok. Formulanya: [Harga Cat satuan 1 kg + harga jasa cat untuk 3 meter] dibagi 3. Inilah harga jasa tukang cat sebagai nilai dasar untuk menentukan harga borongannya. Harga ini merupahan upah belum termasuk makan dan minum.

Cat 1 kg: IDR 60.000
Harga jasa cat per meter: IDR60.000/3 = IDR20.000

Jadi harga borongan yang akan anda bayar untuk melakukan pekerjaan ini sesuai dengan formula adalah = [60.000 + 20.000]:3 = IDR26.000

TIPS: Pekerjaan pengecatan sebaiknya pembersihan dasar dinding, dempul, dan cat. Untuk hasil yang maksimal memang harus ada tahap seperti ini agar memberikan nilai sempurna sebuah pekerjaan. Setelah permukaan dinding sudah rata maka cat akhir akan dilapisi minimal tiga kali jika mendapatkan hasil yang maksimal.

Berapa Banyak Kebutuhan Cat Diperlukan.
Tidaklah sulit untuk menghitung berapa jumlah cat yang dibutuhkan. Anda tinggal hitung panjang dan lebar untuk luas bisang yang akan di cat. Untuk sebaran cat jika untuk satu liter dapat menjabgkau +/- 9 meter persegi. Untuk membutuhkan hasil maksimal sebuah pekerjaan yaitu minimal adanya 3 lapisan sehingga satu liter cat dapat menghasilkan 3 meter persegi sama dengan 1 liter menghabiskan 3 meter persegi. Total keseluruhannya yaitu kebutuhan per meter persegi butuh 1 liter untuk tiga lapisan proses pengecatan. Tetapi kondisi ini sudah dikondisikan dinding sudah rapi dan tidak ada kendala lagi untuk dilakukan pengecatan.

Kesimpulan.
Untuk mencari tukang cat rumah sebenarnya susah tapi gampang, yang menjadi perhatian adalah cara kerjanya resih, teratur, tidak banyak cat yang tertumpah menetes, dan tepat waktu. Dilihat dari kerjanya memang akan mempengaruhi harga, semakin pintar tukan mengecat rumah maka harga akan mempengaruhi. Tetapi sebagai dasar ini sebenarnya bisa menjadi acuan anda untuk melakukan negosiasi dengan tukan yang akan merenovasi cat rumah baik eksterior ataupun interior. Yang menjadi kesulitan adalah jangkauan proses pengecatan akan mempengaruhi tingkat kesulitan sehingga perlu alat khusus yang harus dipersiapkan. Kadang alat bantu ini biasanya akan disediakan oleh pemilih properti. Kalau jangkauannya tidak terlalu tinggi bisa menggunakan beberapa kayu panjang, meja sebagai tempat berdiri, ataupun kursi. Pemilik properti biasanya setelah pekerjaan selesai semua bisa memberikan tips tambahan terhadap kepuasan hasi kerja {opsional}.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Rumah Kayu: Contoh Pilihan Minimalis Sederhana Modern Mungil Cantik

Pilihan rumah kayu tentu sebagian orang melihatnya sangat sulit terwujud karena harga kayu pada saat sekarang ini tentu sangat mahal sekali. Tetapi tidak menutup kemungkinan anda nantinya akan memiliki rumah kayu dengan beberapa pilihan yang sangat sederhana dengan bentuk design modern yang cantik dan mungil. Beberapa pilihan lokasi tempat membangun untuk rumah kayu harus disesuaikan dengan iklim dan cuaca karena akan berhubungan dengan kekuatan kayu serta adanya beberapa perlakuan khusus yang harus anda lakukan sebelum menentukan pilihan untuk memiliki rumah kayu.

Rekomendasi Contoh Bangun Rumah Indah Mewah Di Kampung Halaman

Mungkin anda mempunyai sejumlah uang yang sangat lebih dari cukup coba membangun rumah di kampung halaman butuh contoh desain minimalis dimulai dari kecil, menengah, hingga besar dengan mewah. Sebenarnya pembangunan rumah di kampung bisa relatif besar karena harga tanah masih milik sendiri jika dibeli harganya juga tidak terlalu mahal seperti di pusat kota besar tentu sangat berbeda jauh. Dengan semangat anda untuk mengumpul uang membangun sebuah tempat tinggal di kampung halaman selama anda melakukan pensiun nantinya atau mungkin sebagai aset yang akan diperuntukan masa tua nanti butuh sebuah ide minimalis, modern, hingga berbeda dengan yang lain. Beberapa pilihan rekomendasi yang ingin anda inginkan ada di tulisan ini sehingga anda bisa terinspirasi rumah seperti inilah nanti akan dibangun. Latar Belakang Mendirikan Rumah Kampung Halaman. Dengan suasana yang masih sangat alami jauh dari keributan kota besar sangat tepat membangun sebuah rumah yang bisa anda nikmati sebagai tem