Skip to main content

Rumah Kayu: Contoh Pilihan Minimalis Sederhana Modern Mungil Cantik

Pilihan rumah kayu tentu sebagian orang melihatnya sangat sulit terwujud karena harga kayu pada saat sekarang ini tentu sangat mahal sekali. Tetapi tidak menutup kemungkinan anda nantinya akan memiliki rumah kayu dengan beberapa pilihan yang sangat sederhana dengan bentuk design modern yang cantik dan mungil. Beberapa pilihan lokasi tempat membangun untuk rumah kayu harus disesuaikan dengan iklim dan cuaca karena akan berhubungan dengan kekuatan kayu serta adanya beberapa perlakuan khusus yang harus anda lakukan sebelum menentukan pilihan untuk memiliki rumah kayu.


Apakah Sulit Merawat Rumah Kayu?
Sebelum anda ingin memiliki rumah kayu alangkah baiknya harus memiliki pengetahuan yang cukup adanya perawatan penting dilakukan untuk menjaga kekuatan kayu. Karena kayu bahan yang cukup rapuh, makanan rayap, serta mudah patah apabila tidak dilakukan perhatian penuh untuk mempertahankan kestabilan kekuatan untuk bertahan lebih lama. Berikut ada cara yang sebenarnya bisa anda lakukan jika perlu dilakukaan oleh kontraktor yang khusus menangani khusus kayu agar properti anda ini tetap stabil dan mempunyai waktu yang lebih lama.

1. Lakukan Coating Secara Berkala.
Cara ini sangat banyak direkomendasikan oleh para kontraktor untuk memaksimalkan kondisi kayu secara berkala. Lakukan coating ini sebaiknya enam bulan sekali. Yang paling penting diperhatikan adalah kayu yang berhubungan langsung dengan cuaca, air, dan sinar matahari. Ketiga komponen ini akan mempengaruhi umur kayu bahkan bisa mengikis sedikit demi sedikit kekohan kayu. Pilihan coating ini disesuaikan dengan fungsi utamanya seperti plitur atau coating untuk memlindungi lapisan kayu agar terlihat lebih mengkilat dan kelihat segar. Pilih plitur yang sangat ramah lingkungan, tidak beracun, tidak bau, dan berkualitas tinggi.

2. Lakukan Semprot Hama Kayu Secara Berkala.
Musuh utama kayu adalah rayam. Apabila lokasi tempat bermukimnya rayap harus segera dimusnahkan. Karena rayam sangat cepat sekali memakan kayu dan merusak dari dalam dengan enzim yang dimilikinya. Selalu waspada dan melihat kesekeliling sudut rumah apakah ada rumah rayap dari kayu tertentu yang berdekatan untuk segera diganti dan musnahkan cara dibakar agar tidak merembet ke kayu lainya. Teknologi yang bisa membantu anda dengan kondisi banyaknya rayap ini dengan membayar jasa pest control yang bisa memusnahkan hama rayap dengan sekali semprot. 

3. Selalu Rawat Hindari Dari Kotoran dan Air.
Ada bagian dalam rumah kayu yang sangat dihindari baik dari kotoran dan air. Khusus air rumah kayu harus ada lapisan khusus agar kayu bisa menangkal air terpercik atau basah saat tersiram. Bisanya ada lapisan lainnya yang sudah ada teknologi terbaru yang bisa menyatu dengan lapisan kayu. Memang sedikit mahal tetapi anda letakan di ruangan yang berdampingan dengan unsur air seperti dapur atau dekat kamar mandi. Secara harian bisa di lap dengan kain agar terhindar dari kotoran debu apabila tidak dibersihkan akan tebal mengakibat kayu menjadi lusuh dan tidak terurus. 

Sebagian kontraktor ada juga melakukan pembersihan dengan cata pencucian basah yang bisa dilakukan sekali saja dan tidak sering. Apabila sering lapisan kayu akan terkelupas dan lapisan cat kayu akan terkelupas serta akan melemah kondisi kayu karena kayu juga menyerap air.

4. Perilaku Setiap Anggota Keluarga.
Setiap penghuni rumah barus memiliki kebiasaan yang sopan dan selalu menghindari kebiasaan yang merusak rumah kayu. Dengan memakai jenis peralatan untuk rumah kayu tidak terlalu besar yang bisa menggores ataupun sangat berat. Teknik pemindahan tidak didorong atau digeser harus diangkat. Hindari lakukan gesean yang bisa merusak permkaan kayu dengan senjata tajam ataupun benda keras lainnya.

Jenis tumbuhan yang diletakan di rumah kayu harus menjadi perhatian. Jangan sampai dinding rumah kayu tidak diletakan tanaman ataupun batang kayu gunanya agar permukaan kayu tetap kena sinar matahari walaupun tidak langsung karena permukaan kayu harus kering agar tidak tumbuh jamur atau lumut. Hindari kena asap secara langsung karena akan mempercepat kondisi kayu cepat kusam karena timbulnya jelaga hitam.

Berikut beberapa contoh rumah kayu sebagai pilihan minimalis yang cukup modern reltif mungil bsa menjadi alternatif pilihan anda.

Poto oleh: yourkidscloset.com


Poto oleh: elegancebydesigns.com


Poto oleh: gacahome.com


Poto oleh:elegancebydesigns.com


Poto oleh: luxancc.org

Comments

Popular posts from this blog

Dibalik Hitungan Upah Tukang Cat Rumah Tinggal

Mungkin anda ingin mengetahui bagaimana cara hitung tukang yang akan melakukan cat rumah termasuk untuk tujuan interior dan eksterior. Harga upah untuk jasa mereka melakukan pengecatan per meter persegi dengan skala borongan terbaru untuk tahun 2018 dan 2019 ini tidak terlalu banyak perubahan. Persentase kenaikan hanya 10% saja per tahun sehingga tulisan ini bisa anda jadikan sebagai rekomendasi sebelum melakukan negosiasi harga kepada tukang yang akan bekerja dengan anda.

Rekomendasi Contoh Bangun Rumah Indah Mewah Di Kampung Halaman

Mungkin anda mempunyai sejumlah uang yang sangat lebih dari cukup coba membangun rumah di kampung halaman butuh contoh desain minimalis dimulai dari kecil, menengah, hingga besar dengan mewah. Sebenarnya pembangunan rumah di kampung bisa relatif besar karena harga tanah masih milik sendiri jika dibeli harganya juga tidak terlalu mahal seperti di pusat kota besar tentu sangat berbeda jauh. Dengan semangat anda untuk mengumpul uang membangun sebuah tempat tinggal di kampung halaman selama anda melakukan pensiun nantinya atau mungkin sebagai aset yang akan diperuntukan masa tua nanti butuh sebuah ide minimalis, modern, hingga berbeda dengan yang lain. Beberapa pilihan rekomendasi yang ingin anda inginkan ada di tulisan ini sehingga anda bisa terinspirasi rumah seperti inilah nanti akan dibangun. Latar Belakang Mendirikan Rumah Kampung Halaman. Dengan suasana yang masih sangat alami jauh dari keributan kota besar sangat tepat membangun sebuah rumah yang bisa anda nikmati sebagai tem